Selasa, 11 Agustus 2009

Serangan Demam Berdarah di Sobayan, Waspadalah!!!

Di tengah hingar-bingar penyelenggaraan pemilihan kepala desa di desa Sobayan, Pedan, Klaten ternyata desa ini memiliki permasalahan kesehatan lingkungan tersendiri.

Poloharjo misalnya, dukuh ini ternyata memiliki potensi bagi penyebaran wabah demam berdarah. Terbukti dari beberapa warga di lingkungan RW. X telah mencicipi lezatnya perawatan intensif di beberapa rumah sakit yang ada.

Mulai dari keluarga Akmal (2 putranya terkena DB dan di rawat di IPHI), keluarga Ahmad Didik (Putranya terkena DB - dirawat di RS. Cakra) dan keluarga Wien/ kel Alm. pak Mul Es ( Putranya dan masih menjalani perawatan di RSI) telah merasakan betul apa arti dari kegelisahan dan kepanikan sebagai orang tua.

Menurut beberapa warga setempat, diindikasikan timbulnya wabah di atas sedikit banyak ada kaitannya dengan banyaknya gedung yang dijadikan usaha sarang walet di dalam lingkungan pemukiman yang padat penduduk itu.

Seyogyanya pihak pemerintahan desa pro aktif menindaklanjuti laporan dari warganya yang terkena wabah tersebut. Namun demikian, hingga berita ini di release - belum dijumpai tindakan maupun koordinasi dari pihak-pihak yang terkait untuk segera turun tangan menyelesaikan permasalahan kesehatan yang timbul akibat lingkungan sanitasi yang buruk.

Kemudian dengan melakukan survey, penyuluhan dan Fogging maupun pemberian bubuk Abate gratis dari dinas kesehatan setempat - diharapkan dapat mengurangi meluasnya endemi tersebut di kemudian hari.

Semoga setelah desa Sobayan memiliki Kepala Desa definitif, akan membawa perubahan yang signifikan dalam segala hal, baik sosial, ekonomi, kesehatan dan lain sebagainya .... semoga...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar